HASIL PERTANDINGAN VILLARREAL VS REAL MADRID: SKOR 2-2

Lengah di babak kedua, Madrid Dipaksa Bermain Imbang di laga terakhir La Liga

Mempertandingkan laga terakhir musim ini, Real Madrid harus puas berbagi poin dengan Villarreal setelah bermain imbang 2-2. Melawat ke Estadio de la Ceramica, Minggu (20/5) dini hari WIB, dua gol Madrid di babak pertama tak berarti banyak setelah Villarreal bermain sangat baik di babak kedua dan mampu menyamakan kedudukan.

Madrid terlihat mengincar kemenangan di laga terakhir mereka sekaligus sebagai modal apik menatap final Liga Champions pekan depan. Zinedine Zidane kembali menerapkan formasi 4-3-1-2 dengan Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo di ujung tombak dan Isco sebagai penyerang bayangan.

Zidane juga memutuskan untuk menurunkan Luca Zidane di posisi penjaga gawang dan mengistirahatkan Keylor Navas. Selain perubahan itu, Madrid tampil dengan kekuatan penuh di pertandingan terakhir musim ini.

Villarreal cukup mengejutkan Madrid di awal-awal pertandingan, tapi skuat Madrid segera menemukan ritme permainan mereka dan mulai menguasai bola. Gol pertama Madrid pun tiba di menit ke-11 melalui aksi solo Gareth Bale di kotak penalti lawan.

Bermula dari tendangan bebas yang diambil dengan cepat, Madrid langsung balas menyerang saat para pemain Villarreal tidak siap. Bola jatuh di kaki Bale yang berada di kotak penalti dan mengecoh lima pemain bertahan Villarreal. Bale lalu menendang lemah bola ke sudut kanan gawang Andres Fernandez. Villarreal 0-1 Real Madrid.

Unggul satu gol, Madrid bermain semakin bebas. Duet Toni Kroos dan Luka Modric di lini tengah terbukti mampu mendikte jalannya laga. Sebagaimana biasanya, Madrid kembali mengandalkan serangan melalui sayap yang ditandai dengan tingginya frekuensi Marcelo dan Dani Carvajal maju ke depan.

Gol kedua Madrid pun tiba di menit ke-32, Isco melihat pergerakan Marcelo di sayap kiri Madrid dan memberi umpan yang tepat di hadapan pemain Brasil itu. Marcelo yang berdiri bebas kemudian melambungkan bola ke jantung pertahanan Villareal yang kemudian disambut sundulan keras Ronaldo. Villarreal 0-2 Real Madrid hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Villarreal mulai berusaha mendorong pemain ke depan untuk mencoba menekan pertahanan Real Madrid. Tim berjuluk Yellow Submarine ini mendapat peluang emas dari tendangan bebas tepat di depan kotak penalti.

Nicola Sansone yang dipercaya menjadi eksekutor pun berhasil menendang bola dengan cukup baik melewati pagar hidup Madrid. Tapi Luca Zidane seakan ingin membuktikan diri di hadapan sang ayah dan melakukan penyelamatan akrobatik.

Villarreal terus mendominasi penguasaan bola dan menciptakan peluang demi peluang. Tapi mereka tidak bisa berbuat banyak karena kesulitan menembus lapisan pertahanan Madrid yang mulai terlihat nyaman bertahan. Perubahan permainan Villarreal ini terlihat pada posisi pemain yang mulai menekan Madrid sejak di wilayah bermain Los Blancos.

Terus menyerang, Villarreal mendapatkan peluang emas di menit ke-66. Berawal dari umpan satu-dua, Nicola Sansone menerima bola di dalam sudut kiri kotak penalti Madrid, dia kemudian mencungkil bola yang kemudian disundul oleh Enes Unal ke gawang yang sudah ditinggalkan Luca Zidane. Tapi Sergio Ramos menjadi pertahanan terakhir dan menyundul bola ke luar.

Gol yang ditunggu-tunggu Villarreal akhirnya tiba di menit ke-70 melalui aksi Roger Martinez yang masuk sebagai pemain pengganti tiga menit sebelumnya. Lagi-lagi Villarreal menyerang melalui sisi kiri, menerima bola di tepi kotak penalti, Martinez mengecoh barisan bek Madrid sebelum melepaskan tendangan keras ke sudut kiri gawang Luca Zidane. Villarreal 1-2 Real Madrid.

Berselang lima belas menit, Villarreal berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, lagi-lagi pemain pengganti yang mencetak gol. Rodri Hernandez yang menguasai bola langsung memberi umpan daerah pada Samuel Catillejo yang berhasil melepaskan diri dari jebakan offside. Castillejo lalu mengecoh Luca Zidane dan menceploskan bola ke gawang kosong di menit ke-85.

Madrid mencoba bangkit di sisa laga dan mendapat peluang emas melalui Benzema. Berdiri bebas di depan kotak penalti, Benzema menendang keras bola ke sudut kiri gawang Villareal. Tapi Andres Fernandez berhasil menggagalkannya dengan cukup baik.

Tambahan waktu empat menit yang diberikan wasit tidak cukup untuk mengubah hasil pertandingan. Madrid yang sempat unggul akhirnya harus mengakui penampilan apik Villareal di babak kedua. Skor 2-2 sampai peluit panjang tanda akhir pertandingan ditiup.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-1-2): Luca Zidane; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric (62" Lucas Vazquez); Isco (73" Mateo Kovacic); Cristiano Ronaldo (62" Benzema), Gareth Bale.

Villarreal (4-4-2): Andres Fernandez; Mario Gaspar, Alvaro Gonzalez, Daniele Bonera, Adrian Marin; Roberto Soriano, Rodri Hernandez, Javi Fuego (57" Al Dawsari), Pablo Fornals (76" Samuel Catillejo); Nicola Sansone, Enes Unal (67" Roger Martinez).

Statistik Pertandingan:

Villareal-Real Madrid
Goal: 2-2
Total Shots: 9-13
Shots on Goal: 5-7
Possesion: 39%-61%
Offsides: 4-3
Foul: 14-10